Kiat Hemat Listrik

Cara menghemat listrik di rumah 

Hemmat
Penghematan listrik sangat penting, tidak hanya membantu menghentikan pemanasan global, Anda juga bisa menghemat cukup banyak setiap bulannya. Coba perhatikan kembali isi rumah dan kantor Anda: semua barang yang membutuhkan daya listrik agar bisa berfungsi, perlu diatur sedemikian rupa agar menjadi lebih hemat energi. Meninjau kembali kebutuhan listrik di rumah Anda dengan mengubah kebiasaan sehari-hari juga merupakan cara yang efektif untuk menghemat listrik. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik.
Light

Selalu gunakan kekuatan alam 
Buka gorden Anda dan biarkan sinar matahari masuk! Menggunakan sinar matahari sebagai pengganti lampu akan mengurangi jumlah pemakaian listrik secara signifikan. Lakukan hal ini saat Anda sedang bekerja di kantor maupun saat sedang bersantai di rumah. Selain itu, paparan sinar matahari juga sangat baik untuk meningkatkan suasana hati dan Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli tirai atau penutup jendela.
Cobalah untuk mengatur ulang posisi ruang kerja Anda agar sinar matahari bisa menjangkau meja kerja Anda. Matikan lampu utama di ruangan kerja jika memungkinkan. Jika Anda membutuhkan cahaya tambahan, sebaiknya Anda menggunakan lampu meja dengan daya listrik yang kecil.
Beli tirai atau penutup jendela yang berwarna terang. Selain privasi Anda tetap terjaga, sinar matahari juga bisa tetap menembus masuk sehingga Anda tidak akan kekurangan cahaya saat membutuhkannya. 

Ganti lampu Anda
Mengganti lampu pijar biasa dengan lampu fluoresen padat (CFL) atau lampu LED merupakan salah satu langkah besar dalam penghematan energi. Lampu pijar melepaskan 98% energi yang dikonsumsi melalui panas, sementara lampu CFL dan LED jauh lebih hemat energi dan bisa bertahan beberapa kali lipat lebih lama.
Lampu CFL merupakan lampu alternatif pertama lampu pijar biasa, yang hanya menggunakan sekitar 1/4 energi lampu pijar biasa. Lampu CFL mengandung sejumlah kecil merkuri, jadi lampu CFL harus dibuang dengan benar jika sudah rusak.
Lampu LED adalah jenis lampu yang lebih baru yang beredar di pasaran, yang lebih mahal daripada lampu CFL, tapi mampu bertahan lebih lama dan bebas merkuri. 

LED
Turn Off Light

Matikan lampu
Cara ini merupakan solusi yang paling sederhana dan umum tapi sangat efektif untuk menghemat listrik. Perhatikan jumlah lampu yang menyala di rumah Anda. Nyalakan hanya beberapa lampu yang memang benar-benar perlu. Biasakan untuk mematikan lampu setiap kali Anda meninggalkan ruangan.
Gunakan lampu yang tidak perlu "pemanasan" untuk area-area yang hanya membutuhkan penerangan dalam waktu yang singkat. Informasi ini seharusnya tercantum pada kemasan lampu.
Saat Anda pergi keluar selama beberapa hari, mintalah keluarga Anda untuk menggunakan hanya satu atau dua kamar di malam hari agar lampu tidak menyala di seluruh bagian rumah.
Untuk menghemat listrik semaksimal mungkin, Anda juga bisa menggunakan lilin! Cara klasik ini sangat efektif untuk menerangi malam Anda, dan menciptakan suasana yang romantis dan damai. Jika penggunaan lilin di malam hari terasa kurang praktis, cobalah untuk tetap melakukannya, setidaknya satu atau dua kali seminggu. Berhati-hatilah jika ada anak-anak kecil di rumah - pastikan semua anggota keluarga Anda tahu bagaimana cara menggunakan lilin dengan aman.

Cabut semua peralatan listrik jika tidak digunakan
Tahukah Anda bahwa peralatan listrik yang menancap ke stopkontak walaupun peralatan dalam kondisi mati, tetap menyerap energi? Bahkan alat sekecil teko kopi pun akan terus menyerap energi jika masih terhubung dengan jaringan listrik, bahkan jauh setelah teko kopi ini selesai digunakan.
Peralatan listrik dengan tombol saklar memudahkan hal ini. Jadi, tidak perlu repot-repot menarik 5 peralatan dari stopkontak sekaligus, Anda hanya perlu menekan saklar untuk mematikan sambungan listrik ke peralatan Anda.
Matikan dan cabut kabel komputer Anda setelah selesai digunakan. Komputer menyerap energi listrik cukup banyak dan saat kabel komputer tetap terhubung dengan jaringan listrik, Anda pun perlu membayar biaya listrik lebih banyak.
Jangan biarkan TV Anda tetap terhubung dengan jaringan listrik sepanjang hari. Mungkin Anda merasa tidak nyaman dan tidak terbiasa untuk mencabut kabel TV setelah selesai menonton, tapi langkah penghematan ini sangat penting untuk dilakukan.
Cabut kabel sistem suara dan pengeras suara Anda. Peralatan ini juga menyerap energi yang cukup banyak.
Selain itu, perhatikan juga peralatan-peralatan kecil yang Anda miliki seperti pengisi daya ponsel, peralatan dapur, pengering rambut, dan semua peralatan yang membutuhkan energi listrik agar bisa berfungsi.

Unplug
Energy Star

Ganti peralatan listrik Anda yang lama dengan model terbaru yang lebih hemat energi
Pabrikan peralatan listrik model lama tidak terlalu peduli dengan penghematan listrik. Tapi peralatan listrik model terbaru biasanya dirancang untuk lebih hemat energi, mengurangi biaya rumah tangga dan sampah karbon Anda. Jika Anda memiliki lemari es, kompor dan oven listrik, mesin cuci piring, mesin cuci dan pengering, atau peralatan listrik besar lainnya yang sudah lama digunakan, cobalah untuk mengganti semua peralatan tersebut dengan yang baru.
Perhatikan apakah ada label "Energy Star" pada peralatan listrik model terbaru. Label ini membantu Anda mengetahui berapa banyak energi yang digunakan alat tersebut. Harga peralatan listrik yang memiliki fitur hemat energi biasanya lebih mahal, tapi selisih harga tersebut akan kembali pada Anda secara perlahan melalui penghematan biaya listrik. 

© Copyright 2019 HematListrik.net - All Rights Reserved